Front Office
Department adalah suatu bagian depan dari suatu hotel, sbg penjual kamar
dan sering disebut sebagai selling room. Dalam proses penjualan seorang front
office harus dibantu oleh bagian tata graha. Dalam hubungan kerja tata graha
bertindak sebagai pengemasan kamar. Front office juga dikenal sebagai the first
and the last impression of the guest. Artinya bagian inilah yang pertama dan
terakhir dari tamu. Tamu akan datang ke hotel akan regestrasi dulu ke bagian
front office dan pada waktu akan check out pun tamu juga berhubungan dengan
staf dari front office. Jadi sudah sewajarnya jika kesan yang mendalam akan
tercipta di bagian front office.
Front office
juga merupakan pusat informasi dan juga hampir segala kegiatan tamu seperti
penerimaan dan pengiriman surat pengurusan barang, pembayaran rekening hotel,
mengenai kehilangan barang, menampung keluhan tamu dan juga tempat segala
pemberian informasi baik dalam hotel maupun luar hotel.
Kantor Depan
adalah cermin dari kualitas hotel untuk pertama kali bagi tamu saat memasuki
suatu Hotel, untuk itu kesiapan, kesigapan, ketepatan serta kemampuan semua
karyawan di bagian kantor depan dalam menjalankan fungsi tugas dan tanggung
jawabnya sangatlah menentukan dalam memberikan impresi baik maupun kurang baik
atau buruk pada para tamu Hotel sebelum para tamu tersebut mendapatkan
pelayanan dan pengalaman yang lainnya saat mereka datang untuk menginap maupun
tidak di suatu Hotel. Kantor depan hotel (front office) secara operasional
berhubungan dengan tamu dan area kerjanya tidak jauh dari lobby, daerah yang
paling ramai hilir mudik tamunya, oleh sebab itu bagian ini disebut dengan
bagian front office. Kantor depan hotel merupakan salah satu bagian dari hotel
yang paling penting dalam hal mewujudkan tujuan yang akan dicapai oleh hotel.
Tujuan dari kantor depan hotel adalah sebagai berikut:
1.
Meningkatkan tingkat hunian kamar serta pendapatan hotel dari tahun ke tahun
2.
Meningkatkan jumlah tamu langganan
3.
Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik, tepat dan cepat kepada tamu
4.
Membentuk citra hotel yang positif Kantor depan hotel memiliki fungsi dalam
mewujudkan tujuan dari hotel, fungsi tersebut dilakukan oleh petugas kantor
depan sehari-hari, adapun fungsi-fungsi tersebut adalah:
a)
Menjual kamar, kegiatan yang dilakukan antara lain, menerima pemesanan kamar,
melakukan pendaftaran tamu, memblok kamar
b)
Memberikan informasi mengenai seluruh produk, fasilitas, pelayanan dan
aktivitas yang ada di hotel maupun diluar hotel
c)
Mengkoordinasikan kepada bagian lain yang terkait dalam rangka memenuhi
keinginan tamu serta memberikan pelayanan yang maksimal
d)
Melaporkan status kamar yang terkini
e)
Mencatat, memeriksa pembayaran tamu serta menangani rekening tamu
f)
Membuat laporan yang dibutuhan oleh hotel
g)
Memberikan pelayanan telekomunikasi untuk tamu
h)
Memberikan pelayanan barang bawaan tamu
i)
Menyelesaikan keluhan tamu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar